Cara Ampuh Mengatasi Jerawat



Masalah paling sering terjadi pada kulit berminyak yaitu jerawat, meskipun tidak tertutup kemungkinan timbuk pada jenis kulit lain. Pada dasarnya jerawat disebabkan oleh tumpukan kotoran dan sel kulit mati yang mengakibatkan folikel dan pertumbuhan sebelum terhambat. Produksi minyak pada kulit biasanya disalurkan melalui folikel rambut. Kotoran atau sel kulit mati yang tidak dibersihkan akan menyumbat jalan masuk ini hingga minyak yang keluar akan tertumpuk dan menjadi komedo. Jika terkena basil acne, komedo sanggup menjadi jerawat.



Gejala Timbulnya Jerawat

  • Peningkatan produksi sebum
  • Munculnya kondisi abnormal lantaran basil atau jamur (kadang terasa sedikit sakit)
  • Terjadi penebalan jaringan (kadang menjadi benjolan kecil)
  • Peningkatan hormon estrogen


Tahap Terjadinya Jerawat

  • Penumpukan sel kulit mati
  • Tumpukan sel kulit mati terkena basil acne
  • Mulai muncul jerawat
  • Jerawat mulai membesear dan berwarna kemerahan (disebut popules)
  • Bila muncul benjol (pus), jerawat disebut pastules
  • Bila mengandung nanah, lemak dan cairan-cairan lainnya, berarti jerawat sudah pada kondisi terparah (cyst)
  • Bila cyst tidak terawat, akan muncul bopeng (scar) lantaran rusaknya jaringan kolagen hingga lapisan dermis. Bopeng tidak sanggup diperbaiki secara maksimal. Yang mungkin sanggup dilakukan hanyalah mempertebal lapisan kulit bertahap dengan produk yang mengandung asam glikolat (asam buah dari tumbuhan tebu)


Upaya Pencegahan Jerawat

Menjaga kebersihan kulit dengan produk pembersih kulit yang baik dan mempunyai pH seimbang. Lakukan peeling (pengelupasan kulit ari) bila perlu.
Pilih kosmetika yang bersifat non0comedonic, non-acnegenic, atau oil-free. Biasanya goresan pena semacam ini tercantum dalam kemasannya.
Mengatur teladan makan dengan menghindari makanan berlemak. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi bawang putih utuh maupun dalam bentuk embel-embel contohnya (garlic soft capsule). Bawang putih mengandung antibakteri ang sanggup membunuh basil acne.

Jika anda dikala ini sedang menderita jerawat dan ingin mengobatinya secara alami, maka salah satu cara yang paling kondusif dan ampuh yaitu dengan masker pengecap buaya.

Cara menghilangkan jerawat dengan pengecap buaya cukup mudah, anda sanggup melaksanakan beberapa langkah berikut :

  1. Ambil daun pengecap buaya, bersihkan kepingan luarnya dengan air higienis kemudian ambil gel yang ada di dalamnya dengan cara disendoki atau kulitnya dikupas dengan pisau.
  2. Aplikasikan gel tersebut pada wajah anda hingga mirip masker
  3. Diamkan hingga mengering (sekitar 15 menit)
  4. Jika sudah mengering bilaslah dengan air bersih
  5. Keringkan dengan handuk lembut yang higienis dengan cara ditepuk-tepuk (handuknya jangan digosokkan ke wajah nanti sanggup iritasi)
  6. Terapkan aplikasi tersebut tiap malam menjelang tidur setidaknya 1 ahad sebanyak 3 kali. Jangan terlalu sering lantaran jikalau berlebihan juga kurang baik.


Posting Komentar

0 Komentar