Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan

 Otak dan darah yaitu dua organ penting yang mempunyai kadar air di atas  Manfaat Air Putih bagi KesehatanSekitar 80% tubuh insan terdiri dari air. Otak dan darah yaitu dua organ penting yang mempunyai kadar air di atas 80%. Otak mempunyai omponen air sebanyak 90%, sementara darah mempunyai komponen air 95%. Sedikitnya secara normal kita butuh 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Bagi perokok jumlah tersebuh harus ditambah setengahnya. Air tersebut diharapkan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh lewat air seni, keringat, pernapasan dan sekresi. Para dokter juga menyarankan semoga mengonsumsi air putih 8-10 gelas setiap hari semoga metabolism tubuh berjalan baik dan normal.



Pengaruh kebutuhan air bagi darah
Jika mengkonsumsi kurang dari 8 gelas, efekna secara keseluruhan memang tidak terasa. Tapi sebagai konsekuensi, tubuh akan menyeimbangkan diri dengan jalan mengambil sumber dari komponen tubuh sendiri. Diantaranya dari darah. Kekurangan air bagi darah amat berbahaya bagi tubuh. Sebab, darah akan menjadi kental. Akibatnya, perjalanan darah sebagai alat transportasi oksigen dan zat-zat makanan pun bisa terganggu.

Darah yang kental tersebut juga akan melewati ginjal yang berfungsi sebagai filter atau alat untuk menyaring racun dari darah. Ginjal mempunyai saringan yang sangat halus, sehingga jikalau harus menyaring darah yang kental maka ginjal harus kerja ekstra keras. Bukan mustahil ginjal akan rusak dan bisa saja kelak akan mengalami basuh darah atau dalam bahasa medis biasa disebut hemodialisis.

Pengaruh kebutuhan air bagi otak
Perjalanan darah yang kental tersebut juga akan menghambat ketika melewati otak. Padahal, sel-sel otak paling boros mengonsumsi makanan dan oksigen yang dibawa oleh darah. Sehingga fungsi sel-sel otak tidak berjalan optimal dan bahkan bisa capat mati. Kondisi tersebut akan semakin memicu timbulnya stroke. Karena itu jangan hingga kekurangan air!!


Beberapa manfaat air putih bagi kesehatan tubuh kita

Memperlancar system pencernaan. Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar system pencernaan sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan menyerupai magg ataupun sembelit. Pembakaran kalori juga akan berjalan efisien.

Air putih membantu memperlambat tumbuhnya zat penyebab kanker, plus mencegah penyakit kerikil ginjal dan hati. Minum air putih akan menciptakan tubuh lebih berenergi.

Perawatan kecantikan. Bila kurang minum air putih, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu, air putih sanggup melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit. Untuk menjaga kecantikanpun, kebersihan tubuh harus benar-bebar diperhatikan, ditambah lagi minum air putih 8-10 gelas sehari.

Untuk kesuburan. Menngkatkan produksi hormone testosteron pada laki-laki serta hormone estrogen pada wanita. Menurut hasil penelitian dari sebuah forum riset thrombosis di London, Inggris, jikalau seseorang selalu mandi dengan air masbodoh maka peredaran darahnya lancer dan tubuh terasa lebih segar dan bugar. Mandi dengan air masbodoh akan meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh serta meningkatkan kemampuan seseorang terhadap serangan virus. Bahkan, mandi dengan air masbodoh di waktu pagi sanggup meningkatkan hormone testosterone pada laki-laki serta hormone estrogen pada wanita. Dengan begitu kesuburan serta kegairahan seksual pun akan meningkat. Selain itu jaringan kulit membaik, kuku lebih sehat dan kuat, tak gampang retak.

Menyehatkan jantung. Air juga diyakini sanggup ikut menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit terusan napas, usus, penyakit kewanitaan dan lain-lain. Bahkan saati ini cukup banyak pengobatan alternative yang memanfaatkan kemanjuran air putih.

Sebagai obat stroke. Ari panas tak hanya dipakai untuk mengobati banyak sekali penyakit kulit, tapi juga efektif untuk mengobati lumpuh, menyerupai alasannya yaitu stroke. Sebab, air tersebut sanggup membantu memperkuat kembali otot-otot dan ligament serta memperlancar system peredaran darah dan system pernapasan. Efek panas menimbulkan pelebaran pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah dan oksigensasi jaringan, sehingga mencegah kekuatan otot, emgnhilangkan raasa nyeri serta menenangkan pikiran. Kandungan ion-ion terutama khlor, magnesium, hydrogen karbonat dan sulfat dalam air panas, membantu pelebaran pembuluh darah sehingga meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu pH airnya bisa menseterilkan kulit.

Efek relaksasi. Cobalah bangun di bawah shower dan rasakan efeknya di tubuh. Pancaran air yang jatuh ke tubuh terasa menyerupai pijatan dan bisa menghilangkan rasa capek alasannya yaitu terasa menyerupai dipijat. Sejumlah pakar pengobatan alternative mengatakan, bahwa bersentuhan dengan air mancur, berjalan-jalan di sekitar air terjun, atau sungai dan taman dengan banyak pancuran, akan mempertoleh khasiat ion-ion negative. Ion-ion negative yang timbul alasannya yaitu butiran-butiran air yang berbenturan itu bisa meredakan rasa sakit, menetralkan racun, memerangi penyakit, serta membantu menyerap dan memanfaatkan oksigen. Ion negative dalam pedoman darah akan mempercepat pengiriman oksigen ke dalam sel dan jaringan. Bukan itu saja jikalau mengalami ketegangan otot sanggup dilegakan dengan mandi air hangat bersuhu 38 derajat C. selagi kaki terasa pegal kita sering dianjurkan untuk merendam kaki dengan air hangat dicampur sedikit garam.

Menguruskan badan. Air putih juga bersifat menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Bagi yang ingin menguruskan tubuh pun, minum air hangat sebelum makan (sehingga merasa agak kenyang) merupakan suatu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Namun yang terbaik yaitu minum air putih pada suhu sedang, tidak terlalu panas, dant tidak terlalu dingin.

Tubuh lebih bugar. Khasiat air tak hanya untuk membersihkan tubuh saja tapi juga sebagai zat yang sangat diharapkan tubuh. Mungkin kita lebih sanggup bertahan kekurangan makanan beberapa hari ketimbang kurang air. Sebab, air merupakan belahan terbesar dalam komposisi tubuh manusia. Jumlah air yang menurun dalam tubuh, fungsi organ-organ tubuh juga akan menurun dan lebih gampang terganggu oleh bakteri, virus, dll. Namun, tubuh insan mempunyai prosedur dalam mempertahankan keseimbangan asupan air yang masuk dan yang dikeluarkan. Rasa haus pada setiap orang merupakan prosedur normal dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh. Air yang dibutuhkan tubuh kira-kira 2-2,5 (8-10 gelas) per hari. Jumlah kebutuhan air ini sudah termasuk asupan air dari makanan (seperti kuah, sup, soto dll), minuman menyerupai susu, teh, kopi sirup dll. Selain itu, asupan air juga diperoleh dari hasil metabolism makanan yang dikonsumsi dan metabolism jaringan di dalam tubuh.

Air juga dikeluarkan tubuh memalui air seni dan keringat. Jumlah air yang dikeluarkan tubuh melalui air seni sekitar 1 liter per hari. Kalau jumlah tinja yang dikeluarkan pada orang sehat sekitar 50-400 g/hari, kandungan airnya sekitar 60-90% bobot tinja atau sekitar 50-60 ml air sehari.

Sedangkan, air yang terbuang melalui keringant dan napas dalam sehari maksimum 1 liter, tergantung suhu udara sekitar. Belum lagi factor pengeluaran air melalui pernapasan. Seseorang yang mengalami demam, kandungan air dalam napasnya akan meningkat. Sebaliknya, jumlah air yang dihirup melalui napas berkurang akhir rendahnya kelembapan udara sekitarnya. Tubuh akan menurun kondisinya bila kadar air menurun dan kita tidak segera memenuhi kebutuhan air tubuh tersebut. Kardiolog dari AS, DR James M. Rippe member saran untuk minum air paling sedikit seliter lebih banyak dari yang di butuhkan rasa haus kita. Pasalnya, kehilangan 4% cariran saja akan menjadikan penurunan kinerja kita sebanyak 22%! Bisa dimengerti bila kehilangan 7% kita akan mulai merasa lemah dan lesu. Asal tahu saja, acara makin banyak maka makin banyak pula air yang terkuras dari tubuh.

Untuk itu pakar kesehatan mengingatkan semoga jangan hanya minum bila terasa haus. Kebiasaan banyak minum, apakah sedang haus atau tidak merupakan kebiasaan sehat!. Jika berada di ruang ber-AC, dianjurkan untuk minum lebih bnayak alasannya yaitu udara yang masbodoh dan tubuh cepat mengalami dehidrasi. Banyak minum juga akan membantu kulit tidak cepat kering. Di ruang yang suhunya tidak tetap pun dianjurkan untuk membiasakan minum meski tidak terasa haus untuk menyeimbangkan suhu.

Manfaat dan keajaiban air zam-zam
Sumur air zamzam yang tak pernah kering dan tak terkontaminasi ini terdapat di gurun Saudi Arabia. Keberadaannya senantiasa mengundang decak kagum. Bayangkan saja, sumber air zamzam ketika difoto satelit ternyata terhubungkan dengan Laut Merah atau Laut Mati yang bersatu menuju satu titik di bawah Ka’bah. Tak heran jikalau air ini tidak pernah habis sepanjang zaman.

Begitu juga seputar kejernihan dan khasiatnya. Siapa menyangka air zamzam sudah mengalami proses penyaringan sangat unik, yakni melalui bebatuan dan gurun pasir yang berlapis-lapis. Air ini mengandung banyak sekali mineral dan zat yang dibutuhkan tubuh. Mineral dan elemen-elemen itu jumlahnya amat fantastis, sekitar 2 ribu milligram per liter. Diantaranya, sodium (250), kalsium (200), potassium (20), magnesium (50), welirang (372), bicarbonate (366), nitrat (273), fosfat (0,25), clan ammonia (6).

Tak hanya itu keajaiban air zamzam. Studi ilmiah yang dilakukan doctor dari Universitas Yokohama Jepang, Dr. Masaru Emoto membuktikan, kalau air zamzam yang selama berabad-abad mengalir di tempat tempat beribadatan umat Islam itu mempunyai struktur yang unik.

Dalam bukunya The True Power of Water yang laris keras di Jepang dan Amerika tersurat bagaimana air zamzam mempunyai kekuatan penyembuhan yang luar biasa. Tak salah jikalau Rasulullah SAW pernah bersabda, “sebaik-baik air di permukaan bumi yaitu air zamzam. Padanya ada makanan yang menyegarkan dan penawar bagi segala penyakit.” Menurut Masaru Emoto, air mempunyai sifat sensitive namun juga reaktif. Jika dibacakan padanya kata2 yang baik, air akan bereaksi positif. Sebaliknya jikalau diberikan kata-kata buruk, maka air juga akan bereaksi sifat dan makna kata-kata tersebut.

So? Sudah berapa gelaskah Anda minum air putih hari ini? Berdoalah sebelum minum, semoga ia benar-benar member keajaiban dan manfaat bagi anda.

Oleh : siti aisyah, S.Kep

Posting Komentar

0 Komentar