Tips Mengatasi Nyeri Haid

Penyebab nyeri menstruasi dapat beraneka ragam. Bisa jadi alasannya yaitu penyakit endometriosis, tumor, kelainan letak rahim, selaput dara atau vagina tidak berlubang. Stres dan rasa cemas yang berat juga dapat menjadi sebuah penyebab. Sedangkan penyebab paling sering dari nyeri menstruasi diduga alasannya yaitu terjadinya ketidakstabilan hormon yang kadang tidak ada kaitannya dengan alat reproduksi.

Mengatasi Rasa Nyeri Haid

Untuk mengurangi rasa nyeri dapat diberikan obat anti peradangan non-steroid (misalnya ibuprofen, naproxen dan asam mefenamat). Obat ini akan sangat efektif jikalau mulai diminum 2 hari sebelum menstruasi dan dilanjutkan hingga hari 1-2 menstruasi.
Selain dengan obat-obatan, rasa nyeri juga dapat dikurangi dengan:

  • Istirahat yang cukup-olah raga yang teratur (terutama berjalan)
  • Pemijatan
  • Kompres hangat di kawasan perut.

Untuk mengatasi mual dan muntah dapat diberikan obat anti mual, tetapi mual dan muntah biasanya menghilang jikalau kramnya telah teratasi. Gejala juga dapat dikurangi dengan istirahat yang cukup serta olah raga secara teratur.

Jika nyeri terus dirasakan dan mengganggu acara sehari-hari, maka diberikan pil KB takaran rendah yang mengandung estrogen dan progesteron atau diberikan medroxiprogesteron. Pemberian kedua obat tersebut dimaksudkan untuk mencegah ovulasi (pelepasan sel telur) dan mengurangi pembentukan prostaglandin, yang selanjutnya akan mengurangi beratnya dysmenorrhea. Jika obat ini juga tidak efektif, maka dilakukan investigasi perhiasan (misalnya laparoskopi).

Jika dysmenorrhea sangat berat dapat dilakukan ablasio endometrium, yaitu suatu mekanisme dimana lapisan rahim dibakar atau diuapkan dengan alat pemanas.


Posting Komentar

0 Komentar