Bahaya Kelebihan Vitamin C

Vitamin C ialah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan mempunyai peranan pentin Bahaya Kelebihan Vitamin CVitamin C ialah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan mempunyai peranan penting dalam menangkal banyak sekali penyakit.

Vitamin ini juga dikenal dengan nama kimia dari bentuk utamanya yaitu asam askorbat. Vitamin C termasuk golongan vitamin antioksidan yang bisa menangkal banyak sekali radikal bebas ekstraselular. Beberapa karakteristiknya antara lain sangat gampang teroksidasi oleh panas, cahaya, dan logam. Buah-buahan, menyerupai jeruk, lemon, limau, kubis, kembang kol, asparagus, brokolimerupakan sumber utama vitamin ini.

Karena larut dalam air, vitamin C dianggap sebagai nutrisi paling kondusif dan efektif yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin C ini tidak diolah dalam badan dan akhirnya bisa didapatkan dari pangan atau suplemen.

Vitamin C dibutuhkan untuk menjaga struktur kolagen, yaitu sejenis protein yang menghubungkan semua jaringan serabut, kulit, urat, tulang rawan, dan jaringan lain di badan manusia. Struktur kolagen yang baik sanggup menyembuhkan patah tulang, memar, pendarahan kecil, dan luka ringan.

Kekurangan vitamin C bisa menjadikan penyakit kudis, anemia, duduk kasus gastrointestinal dan dermatitis. Tapi ingat konsumsi vitamin C harus pas, jangan berlebihan untuk menghindari duduk kasus overdosis.

Terlalu banyak konsumsi vitamin C bukan manfaat yang didapat melainkan imbas sampingnya. Apa saja imbas sampingnya?

Dosis yang berlebihan hanya akan sia-sia masuk ke badan dan akan dibuang melalui urine bahkan bisa mengganggu fungsi tubuh.

Terlalu banyak mengonsumsi Vitamin C akan mempunyai imbas samping menyerupai sakit kepala, mual, muntah, perut sakit, kelelahan, mengantuk, gangguan pencernaan, kram usus, diare, insomnia, watu ginjal, iritasi di kerongkongan, sampai pengeroposan gigi.

Orang yang punya penyakit kelebihan zat besi atau hemochromatosis juga harus menghindari kelebihan konsumsi vitamin C alasannya ialah sanggup menjadikan keracunan zat besi.

Sedangkan pada ibu hamil, kelebihan vitamin C selama bulan pertama bisa menekan produksi progesteron yang memicu keguguran.

Makan buah segar dan minum air yang banyak bisa menghilangkan kelebihan vitamin C dari badan dan menghindari semua imbas samping kelebihan vitamin C.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar