Khasiat Buah Mengkudu

Khasiat Utama
Riset ihwal Mengkudu terus berkembang, baik dilakukan oleh para dokter maupun jago botani dan jago biokimia. Penelitian difokuskan pada komponenkomponen/susunan kimia yang dikandung Mengkudu dan pengaruh terapetiknya terhadap aneka macam macam penyakit.

Penelitian-penelitian tersebut memperlihatkan bahwa sari buah Mengkudu sanggup merangsang sistem kekebalan tubuh, mengatur fungsi sel dan regenerasi sel-sel jaringan badan yang rusak. Fakta yang memperlihatkan bahwa Mengkudu sanggup mengatur sel-sel pada tingkat dasar dan kritis itu mungkin sanggup menjelaskan mengapa Mengkudu sanggup dipakai untuk aneka macam macam kondisi kesehatan.

Para dokter di Amerika sudah memperlihatkan banyak laporan ihwal keberhasilan penggunaan sari buah Mengkudu terhadap pasien-pasiennya. Dr. Richard Dicks (dari New Jersey, USA) mengatakan, "kami mulai menyadari bahwa kita harus kembali pada hal yang fundamental dari badan kita. Apa yang dimaksud dengan metabolisme dalam badan ialah mengkremasi nutrisi. Sari buah Mengkudu melindungi badan kita dengan memberi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh."

Khasiat-khasiat Tambahan
Mengkudu mempunyai khasiat-khasiat lain yang belum dibuktikan secara medis, namun secara empiris telah banyak orang yang mengalami perbaikan dan peningkatan kesehatan sehabis mengkonsumsi sari buahnya. Beberapa problem kesehatan yang sanggup diatasi dengan memakai Mengkudu:

  • Sistem pencernaan: Perut kembung, luka pada usus halus, radang lambung, muntah-muntah dan keracunan makanan.
  • Sistem pernapasan: Batuk,bronchitis, sakit tenggorokan, TBC, kolera, demam pada bayi, sinusitis, asma.
  • Sistem kardiovaskular: Kolesterol tinggi, penebalan otot jantung, meningkatkan transportasi oksigen di dalam sel.
  • Penyakit kulit: Luka bakar, luka, kudis, bisul, selulit, cacing kulit, ketombe, kurap, dan radang pada kulit, borok pada kulit, dan masalah-masalah pada kulit lainnya.
  • Mulut dan tenggorokan: Radang tenggorokan, gusi berdarah, batuk, sariawan, sakit gigi.
  • Gangguan menstruasi: Sindrom pramenstruasi, siklus haid yang tidak teratur, nyeri pada waktu haid.
  • Awet muda: Sari buah Mengkudu sanggup dipakai sebagai tonik untuk mengatasi keriput akhir proses penuaan.
  • Penyakit-penyakit dalam tubuh: Diabetis, hepatitis kronis, sakit pinggul, sakit kepala, gangguan fungsi ginjal, kencing batu, ganguan pada hormon tiroid.
  • Defisiensi daya tahan tubuh: Penyakit virus Epstein-Barr, candidiasis kronis, penyakit akhir infeksi virus HIV, kekurangan tenaga (AES=altered energy syndrome).

Mengapa satu jenis tumbuhan sanggup menyembuhkan begitu banyak jenis penyakit? Riset ilmiah memperlihatkan bahwa konstituen-konstituen di dalam buah Mengkudu mempunyai khasiat untuk merangsang respon pembentukan kekebalan tubuh, membersihkan darah, mengatur fungsi sel, regenerasi sel rusak dan menghambat pertumbuhan tumor. Fitokimia (zat-zat kimia alami yang terdapat pada tumbuh-tumbuhan) mempunyai khasiat untuk
pencegahan penyakit dan kaya akan kandungan antioksidan. Mengkudu mempunyai spektrum fitokimia yang sangat luas, beberapa diantaranya hanya terdapat di dalam Mengkudu.

Fitokimia-fitokimia tersebut bersinergi satu dengan yang lain untuk menghasilkan khasiat penyembuhan yang mengagumkan.

Dr. Joseph Betz, peneliti kimia dari FDA (Food and Drug Association) divisi Natural Products Center For Good Safety and Applied Nutrition di Amerika menyampaikan bahwa beberapa percobaan telah memperlihatkan bahwa sari buah Mengkudu sanggup menenangkan pergerakan otot dan mempunyai pengaruh anti alergi.

Pada tahun 1992, Dr. Isabella Abbott, profesor botani dari Universitas Hawaii menyampaikan bahwa Mengkudu semakin banyak dipakai orang untuk mengatasi diabetes, kanker, tekanan darah tinggi dan banyak penyakit lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar