Manfaat Daun Katu (Daun Katuk)

 protein dan karbohidrat daun katuk hampir setara dengan daun pepaya dan daun singkong Manfaat Daun Katu (Daun Katuk)Daun katuk kaya zat gizi. kandungan kalori, protein dan karbohidrat daun katuk hampir setara dengan daun pepaya dan daun singkong. namun, kandungan zat besinya lebih tinggi. Daun katuk juga kaya vitamin (A, B1 dan C), protein, lemak dan mineral. Selain itu, daun katuk juga menganung tanin, saponin, flavonoid, dan alkaloid papaverin, sehingga sangat potensial untuk menjadi materi obat tradisional. Salah satu manfaat daun katuk yang paling bayak dikenal ialah untuk melancarkan produksi air susu ibu (ASI). senyawa dalam daun katuk yang berperan untuk melancarkan ASI ialah asam seskuiterna.

selain melancarkan ASI, daun katuk juga memiliki manfaat ibarat berikut.

1. Mengobati Frambusia.
Siapkan seperempat genggam daun katuk yang telah dicuci higienis dan giling hingga halus. tambahkan seperempat cangkir air masak dan sedikit garam, kemudian aduk hingga merata. Berikutnya, peras dan saring. Air perasan diminum dan ampasnya digosok-gosokkan ke bab yang terjangkit frambusia. lakukan 2 kali sehari hingga sembuh.

2. Mengatasi sembelit.
Sembelit sanggup terjadi alasannya banyak hal, diantaranya alasannya terlalu usang duduk, kurang minum air, menahan-nahan buang air besar, kerja hati dan kantong empedu yang tidak lancar. Untuk mengusir sembelti, siapkan 200 gram daun katuk segar yang sudah dicuci bersih. Rebus dengan segelas air selama 10 menit, kemudian saring. Minum air hasil saringan tersebut secara teratur 2 kali sehari, masing-masing 100 ml.

3. Menyembuhkan borok.
Untuk mengobati borok, siapkan segenggam daun katuk, kemudian cuci, dan lumatkan. tempelkan lumatan daun katuk pada bab yang terjangkit borok.

4. Pewarna alami.
Daun katuk ternyata sanggup juga digunakan sebagai pewarna kuliner alami untuk menggantikan pewarna kimia sintetis. contohnya untuk menciptakan tape ketan yang berwarna hijau. cara penggunaannya, basuh higienis daun katuk, tambahkan sedikit air, kemudian peras. sari daun katuk ini sanggup pribadi digunakan untuk mewarnai materi makanan.

5. Masakan dan Minuman.
Daun katuk sanggup dikonsumsi sebagai lalapan, sayur bening dan minuman. Untuk menciptakan lalapan, rebus daun katuk dalam air mendidih yang ditambah sedikit garam selama 3-4 menit. sementara itu, untuk menciptakan minuman segar ambil 300 gram daun katuk segar yang sudah dibersihkan, kemudian rebus dengan 1,5 gelas air selama 15 menit. air rebusan daun katuk tersebut sanggup pribadi diminum.

Posting Komentar

0 Komentar