6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan


Minyak zaitun merupakan jenis minyak yang bisa dipilih dan mempunyai manfaat kesehatan yang sudah diakui oleh banyak pihak. Minyak jenis ini termasuk ke dalam minyak yang kaya dengan asam lemak tak jenuh sehingga baik untuk kesehatan. Adapun untuk asal dari minyak jenis ini adalah terbuat dari lemak buah zaitun dan mempunyai fungsi yang sangat beragam. Misalnya saja bisa digunakan untuk minyak goreng sehingga membuat makanan lebih sehat, sebagai minyak pijat, sebagai bahan bakar lampu, dan juga untuk minyak yang ampuh membersihkan peralatan dan menjaga kesehatan. Minyak ini sendiri mempunyai banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa Anda rasakan bagi tubuh, misalnya beberapa manfaat kesehatan seperti berikut ini:


  1. Mengontrol kolesterol
Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari minyak ini adalah dapat mengontrol kadar kolesterol. Dimana banyak penyebab penyakit adalah karena kadar kolesterol yang tinggi, oleh karena itulah untuk menjaga kesehatan maka sangat baik untuk kadar kolesterol dijaga dengan baik. Minyak jenis ini mempunyai manfaat untuk dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dan juga dapat untuk meningkatkan HDL atau kolesterol baik yang ada di dalam tubuh. Sehingga dengan tetap menjaga kadar kolesterol baik yang baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, maka dapat untuk membuat resiko penyakit berbahaya seperti jantung dapat berkurang.

  1. Mencegah stroke
Keunggulan selanjutnya yang bisa Anda dapatkan adalah dapat untuk mencegah stroke yang juga merupakan penyakit berbahaya. Stroke merupakan penyakit yang juga ditakuti setelah penyakit jantung dan bisa terjadi karena aliran darah ke otak terganggu. Hal tersebut pada umumnya disebabkan oleh pembekuan darah dan juga mengalami pendarahan. Sehingga hal tersebut dapat untuk menyebabkan mengalami stroke. Adapun untuk dapat menghindari stroke Anda bisa untuk melakukan pola hidup sehat dan menjaga kolesterol dalam batas sehat. Selain itu juga bisa untuk menggunakan minyak jenis zaitun yang mempunyai kandungan asam leak tak jenuh yang mempunyai manfaat untuk dapat menurunkan resiko penyakit stroke.

  1. Mengurangi resiko diabetes melitus tipe 2
Penyakit selanjutnya yang berbahaya dan ditakuti adalah diabetes, dimana jenisnya ada dua yaitu diabetes yang basah dan kering. Untuk diabetes basah atau diabetes melitus menyebabkan luka yang susah sembuh dan harus dijaga dengan baik. Karena apabila tidak ditangani dengan baik dapat untuk membuat bagian yang terluka menjadi busuk bahkan juga harus di amputasi.    Oleh karena itulah penting untuk memperhatikan kesehatan Anda agar tidak terserang diabetes melitus. Minyak jenis zaitun ini juga dipercaya dapat untuk mengurangi resiko diabetes melitus tipe 2 karena dapat untuk menjaga kadar gula darah dan juga kadar insulin tetap normal.

  1. Menurunkan berat badan
Manfaat selanjutnya yang bisa dipunyai adalah dapat untuk menurunkan berat badan. Dimana salah satu penyebab mengalami banyak penyakit adalah karena obesitas yang membuat tubuh tidak sehat dan mudah untuk terserang penyakit. Oleh karena itulah bisa untuk menurunkan berat badan dengan cara menggunakan minyak jenis ini ketika memasak makanan yang akan dikonsumsi.

  1. Mengatasi sembelit
Keuntungan minyak zaitun selanjutnya untuk kesehatan adalah dapat untuk mengatasi sembelit. Minyak ini merupakan bahan yang ampuh untuk melancarkan pencernaan karena dapat untuk merangsang saluran pencernaan dan membuat makanan dapat lancar bergerak lewat usus besar. Hal tersebut karena dalam minyak ini terkandung zat besi, omega 3, vitamin e dan k yang mempunyai manfaat baik untuk kelancaran pencernaan.

Posting Komentar

0 Komentar