Panduan Menyiapkan Botol Susu Formula Dengan Baik dan Benar

Menyiapkan botol susu formula mungkin dianggap sebagai tugas yang sederhana jika melihat teori, namun pada prakteknya, jika Anda tidak pernah menyiapkan botol sebelumnya tentu saja kegiatan yang satu ini menjadi salah satu kegiatan yang menantang.


Mensterilkan

Sebelum menyiapkan susu formula, Langkah awal yang harus dilakukan adalah mensterilkan dot dan botol. Pastikan Anda mensterilkannya di tempat yang bersih. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan tangan (mencuci tangan). Anda bisa mensterilkannya menggunakan mesin steril khusus maupun dengan merebusnya menggunakan air panas selama beberapa menit untuk membunuh kuman.

Membuat Sesuai Permintaan

Meskipun Anda bisa membuat susu atau memanaskan botol sekaligus demi menghemat waktu, namun lebih baik Anda tetap memanaskan botol kembali sebelum digunakan demi menghindari masuknya bakteri. Jika memang Anda sedang traveling, maka tak masalah meminta air panas atau bawalah pemanas air Anda sendiri. Anda hanya perlu menyiapkan air matang saja. Biasanya restoran tertentu juga memiliki penghangat botol.

Gunakan Air Panas

Untuk memastikan seluruh bakteri terbunuh, maka Anda bisa menggunakan air dengan suhu di atas 70 derajat celcius.  Tak perlu thermometer, namun Anda bisa merebus air hingga mendidih lalu mendiamkannya selama 20-30 menit. Tunggu hingga suhunya sedikit lebih hangat. Jangan langsung menuang air panas ke dalam botol. Tuang air sesuai takaran yang tertera pada kemasan susu formula.

Menghitung Takaran

Kemasan susu formula dengan jelas mencantumkan berapa banyak takaran dan air yang dibutuhkan untuk membuat susu formula sesuai dengan usia dan berat badan bayi. Ikuti hal ini dan jangan terlalu banyak. Berikan dalam jumlah yang cukup.

Kocok dan Aduk

Sebelum menutup Kembali botol dan dot, maka kocok dan aduk susu dengan baik hingga seluruh bubuk susu larut.

Cek Suhu Dahulu

Bayi memiliki indera yang sensitif, termasuk lidahnya. Pastikan Anda mencoba untuk meneteskan susu yang telah dibuat pada pergelangan tangan bagian dalam. Mengapa? Karena bagian inilah yang dirasa sensitif dan mirip dengan indra perasa bayi. Jika memang sudah dirasa hangat, berikan susu kepada si kecil secara perlahan. Jika memang masih terlalu dingin, Anda bisa mendinginkannya dengan meletakkan botol yang diisi susu dan tertutup di bawah air mengalir. Tetapi, pastikan botolnya telah tertutup rapat dan sebaiknya cukup dikenakan bagian bawahnya saja.

Buang Sisanya

Saat pemberian susu formula, sebaiknya biarkan susu formula yang tersisa dan jangan pernah memanaskan ulang dan dikonsumsi kembali. Inilah alasannya mengapa Anda tidak boleh mencampur ASI dengan susu formula didalam botol yang sama, karena ASI bisa dipanaskan, namun tidak dengan susu formula. Dengan begitu, ASI akan terbuang percuma.

Bersihkan Botol Segera

Untuk mencuci botol, gunakan air hangat yang dicampur sabun. Simpan botol yang telah kering dan sterilkan Kembali saat akan digunakan Kembali

Perhatikan Botol Anda

Sebaiknya perhatikan botol Anda. Jangan gunakan botol yang sudah aus atau tergores parah dan waspadai bagian dot yang pecah. Anda disarankan untuk membeli botol baru untuk setiap bayi. Hindari menggunakan botol kakak untuk adik.

Jangan Gunakan Microwave

Jangan tergoda untuk memanaskan botol dalam microwave, karena kebiasaan ini hanya akan merusak nutrisi dalam susu formula dan juga dapat membuat susu formula sangat panas. Tentu saja ini tak aman untuk bayi. Demikian pula, jika Anda ingin mencairkan ASI beku, lakukan ini pada suhu kamar daripada microwave.

Susu Formula Terbaik

Bagaimanapun, saat ini banyak sekali susu formula dengan berbagai merk. Untuk merk susu formula terbaik, percayakan pada Morinaga yang memiliki beragam varian susu untuk anak usia 1-12 tahun. Selain kandungan gizinya lengkap, susu Morinaga juga memiliki berbagai varian rasa yang membuat si kecil tak akan bosan.

Posting Komentar

0 Komentar